Susun Program Kerja, Prioritaskan UKW

PEKANBARU - Ketua PWI Riau H Zulmansyah Sekedang meminta PWI Pokja Pekanbaru tidak perlu banyak-banyak membuat program kerja. Paling penting, meski programnya sedikit, Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang diutamakan.

       Itu disampaikan Zulmansyah saat membuka Konferensi Kerja (Konker) PWI Pokja Pekanbaru di Lantai 10 Meeting Room RSAB, Pekanbaru, Kamis (14/9/2017). Hadir pada kesempatan itu Ketua PWI Pokja Pekanbaru Agustiar beserta seluruh jajaran, Staf Ahli Pemerintahan Pemko Pekanbaru serta sejumlah pejabat dari Kominfo Kota Pekanbaru.

        "Kalau nanti PWI Pokja Pekanbaru menyusun 10 program misalnya. Maka sembilan programnya harus mengutamakan peningkatan profesionalitas dan kapabilitas wartawan di Kota Pekanbaru. Ingat, UKW harus nomor satu," kata Zulmansyah.

       UKW ini sangat penting, kata Zulmansyah, untuk membedakan mana wartawan hebat dan mana wartawan abal-awal. "Kalau sudah lulus UKW, pasti wartawannya tahu dan faham dengan UU Pers dan Kode Etik Jurnalistik. UKW Itulah yang membedakan wartawan di PWI dengan wartawan yang berada di organisasi lain," ungkap Zulmansyah.

       Saat ini, berdasarkan hasil pendataan dan verifikasi PWI Riau, terdapat 1.028 wartawan yang bergabung di PWI Riau, namun hanya 297 yang sudah lulus UKW semua tingkatan, yakni muda, madya dan utama.


Berita Kiriman Jinto Lumban Gaol
Wakil Sekretaris PWI Riau