Sekretaris PWI Riau Amril Djambak mengecek persiapan posko darurat kabut asap di kantor PWI Riau Jalan Arifin Achmad, Senin (23/09/2019).

Peduli Bencana Asap, PWI Riau Bersama Tim MIKAD Buka Posko

PEKANBARU - Kabut asap yang melanda Kota Pekanbaru sudah berada pada level berbahaya. Bahkan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau pun sudah menetapkan Riau dalam keadaan darurat bencana pencemaran udara terhitung Senin (23/9/2019).

"Guna mengantisipasi munculnya korban jiwa akibat menghirup kabut asap yang semakin pekat, Safe House Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Riau bekerjasama dengan Team MIKAD (Ponpes Ibnu Katsir dan Riau Care Indonesia) mempersiapkan posko darurat asap di Kantor PWI Riau Jalan Arifin Achmad, Pekanbaru. Posko ini dibuka khusus untuk keluarga besar wartawan dan masyarakat sekitar Gedung PWI Riau dan diaktifkan mulai Senin (23/9/2019)," ungkap Ketua PWI Riau H Zulmansyah Sekedang didampingi Sekretaris PWI Riau Amril Jambak, Senin siang.

Zulmansyah mengatakan, di posko darurat pencemaran udara ini akan disediakan beberapa fasilitas. Antara lain oksigen, obat-obatan, tenaga medis dan psikolog.

"Untuk itu, mohon kehadiran kawan-kawan membantu persiapan Posko Darurat Asap bersama RIAU Care Indonesia," ajak Zulmansyah.

Di tempat yang sama, Koordinator Posko, Ardiansyah MZ Tanjung atau yang akrab disapa Ian Tanjung juga mengajak kawan-kawan yang berkenan ingin bergabung sebagai relawan, tenaga medis, driver, koki, barista, konsultan psikologi dan lain-lain atau sekadar berbagi cerita. "Mari bergabung bersama kami. Kami sediakan oksigen,  obat-obatan, makanan dan teh atau kopi," ujar Ian.

"Kita memanggil semua kombatan dan relawan, tenaga medis, driver, koki, barista, konsultan psikologi, pendakwah, pendidik anak, pemadam api dan lain-lain bergabung bersama kami sekarang. Atau datanglah sekedar berbagi cerita tentang asap," ajak Ian Tanjung seraya menyampaikan, bagi masyarakat yang ingin ikut berpartisipasi memberi bantuan dan infaq dapat menyalurkannya melalui rekening Bank Mandiri 108-00-0099000-3 atas nama Yayasan Riau Care Indonesia. (***)