Panitia HPN: Batas Akhir Pengiriman LKTJ dan LKFJ Raja Ali Kelana 15 Februari

Panitia HPN: Batas Akhir Pengiriman LKTJ dan LKFJ Raja Ali Kelana 15 Februari

PEKANBARU - Pengiriman Karya LKTJ Raja Ali Kelana Paling Lambat 15 Februari. Panitia Lomba Karya Tulis dan Foto Jurnalistik Raja Ali Kelana mengimbau seluruh wartawan di Provinsi Riau untuk segera mengirim karyanya. Paling lambat 15 Februari 2018 di Sekretariat PWI Jalan Arifin Achmad, Pekanbaru.

Ketua PWI Riau H Zulmansyah Sekedang berharap kesempatan ini benar-benar dimanfaatkan oleh wartawan, khususnya anggota PWI Riau. Sebab Raja Ali Kelana ini merupakan penghargaan karya jurnalistik tertinggi di Bumi Lancang Kuning.

Tahun ini, PWI Riau memang berupaya ‘’menghidupkan’’ kembali lomba karya tulis jurnalistik (LKTJ) Raja Ali Kelana. Sebelumnya, lomba ini sempat vakum beberapa tahun. ‘’Ini penghargaan bagi wartawan Riau yang menghasilkan karya tulis dan foto terbaik. Silakan kirim karyanya. Peserta boleh menyertakan lebih dari satu karya,’’ pesan Zulmansyah.

Sebagai penghargaan bagi karya terbaik, panitia menyediakan total hadiah Rp25 juta. Rp10 juta untuk juara karya tulis, dan Rp5 juta bagi pemenang karya foto. Bukan hanya yang juara. Lima karya yang masuk nominasi setiap kategori juga mendapatkan piagam dan uang Rp1 juta.

LKTJ Raja Ali Kelana merupakan ajang kompetisi bagi wartawan yang berdomisili di Riau. Karya yang dilombakan juga mengangkat peremasalah di provinsi ini. Tujuannya, memberi motivasi bagi wartawan, khususnya anggota PWI agar terus melahirkan karya-karya terbaik. ‘’Ini merupakan salah satu prioritas kami (PWI Riau, red). Dulu Raja Ali Kelana selalu ditunggu-tunggu. Makanya kami hidupkan kembali. Mudah-mudahan bisa terus berlanjut,’’ ujar Zulmansyah.

Panitia tidak menetapkan tema, baik tulisan maupun karya foto. Zulmansyah hanya mengingatkan bahwa tulisan yang diikutkan dalam bentuk feature. Boleh soal lingkungan, politik, ekonomi, masalah sosial, olahraga, dan lainnya yang sudah pernah diterbitkan dalam rentang waktu 1 Januari 2017 sampai 31 Desember 2017. Itu dibuktikan dengan kliping berita bagi koran, tabloid, dan majalah. Sementara bagi media online harus mengirimkan print screen berita dan menyertakan fotokopi kartu PWI Riau.

Pengumuman dan penyerahan hadiah hadiah pemenang akan dilakukan bertepatan dengan puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) wilayah Riau 24 Februari 2018.***

Hadiah
Karya Tulis
Juara: Rp10.000.00 +trofi ali kelana + piagam
Lima nominasi: Masing-masing Rp1.000.000 + piagam

Karya Foto
Juara: Rp5.000.000 + piagam
Lima Nominasi: Masing-masing Rp1.000.000 + piagam