Ketua PWI Riau Sampaikan Peranan Media Massa Mencerdaskan Umat

Ketua PWI Riau Sampaikan Peranan Media Massa Mencerdaskan Umat

PEKANBARU - Ketua PWI Riau H Zulmansyah Sekedang, yang juga Wakil Direktur Utama Riau Pos, didaulat Majelis Ulama Indonesia (MUI) Riau sebagai salah seorang narasumber Bimbingan Teknis (Bimtek) Informasi dan Komunikasi di MUI Riau, Kamis (23/11/2017). Belasan ulama dan puluhan pimpinan organisasi massa (ormas) Islam menjadi peserta Bimtek tersebut.

      Dalam pemaparannya, Zulmansyah yang menyajikan "Peranan Media Massa dalam Mencerdaskan Umat" menyebutkan pasal 6 UU Nomor 40/1999 tentang Pers telah mengatur peranan media massa di Indonesia. "Intinya, peran media massa dalam kehidupan sehari-hari itu ada empat, yakni memberi informasi, edukasi atau pembelajaran, kontrol sosial dan hiburan," kata Zulmansyah.

        Salah satu peranan media massa, yakni edukasi atau pembelajaran, itu yang sangat relevan dalam rangka mencerdaskan umat. Caranya, kata Zulmansyah, dapat dilakukan media massa dengan melakukan setting of agenda, gatekeeping atau framing.

      Harian Riau Pos misalnya, kata Zulmansyah, setting of agendanya adalah sesuai dengan slogannya di halaman 1, yaitu "Bangun Negeri Bijakkan Bangsa." "Jadi sesungguhnya, semua media massa di Indonesia, termasuk di Riau, punya agenda masing-masing. Kalau Riau Pos, sesuai slogannya Bangun Negeri Bijakkan Bangsa, itu juga bagian dari mencerdaskan umat," kata Zulmansyah, yang sehari-hari juga Ketua Serikat Perusahaan Pers (SPS) Riau.

       Sementara itu Sekretaris MUI Riau Ustadz Zulhusni Domo menyebutkan Bimtek Infokom MUI Riau tersebut ditujukan kepada ormas-ormas Islam yang bergabung dalam wadah MUI. "Yang ikut Bimtek ini adalah pimpinan dan pengurus dari Ormas Islam yang diundang," kata Zulhusni yang juga ikut menjadi narasumber Bimtek tersebut.

      Selain Zulmansyah, kata Zulhusni didampingi H Idrus MAG, juga ikut sebagai narasumber Asisten 1 Setwilda Riau H Ahmadsyah Harrofie, akademisi UIN Dr Jon Famil, Wakil Ketua SPS Riau Saidul Tombang dan ada beberapa lagi. "Sengaja Bimtek ini diselenggarakan dengan harapan ormas-ormas Islam yang ada di Riau semakin dekat dengan media massa, juga semakin memahami bagaimana mencerdaskan umat melalui media massa," tutup Zulhusni.*


Berita Kiriman Abu Kasim, Pengurus PWI Riau