Ketua PWI dan Pengurus Berkunjung Kemitraan ke RAPP

JELANG Hari Pers Nasional (HPN) 2019, Ketua PWI Riau Zulmansyah Sekedang beserta pengurus melaksanakan kunjungan kemitraan ke PT RAPP, Selasa (22/1/2019).

Hal menarik dalam kunjungan kali ini, rombongan PWI dipandu menajemen perusahann melakukan Company Tour  ke Technology Center Building di area komplek Riau Andalan Pulp and Paper .

Dalam kesempatan tersebut, rombongan diberikan pengetahuan mengenai pengolahan kayu industri serta turunannya, setelah diperkenalkan dengan sejarah berdirinya perusahaan yang dipimpin oleh Sukamto Tanoto tersebut.

Company Host  Eny yang memandu tur perusahaan menjelaskan bagaimana kesuksesan  seorang Sukamto Tanoto muda ketika berusia 26 tahun mendirikan perusahaan pertamanya, yaitu Raja Garuda Mas pada 1973 dan kemudian tahun 1975 ia dapat meyakinkan Presiden Suharto kala itu, mau meresmikan pabrik Plywood Basitang.

Saat ini aset perusahaan yang telah berganti nama menjadi Royal Golden Eagle (RGE) melebihi US$ 18 miliar, mempekerjakan lebih dari 60.000 karyawan memiliki operasi di Indonesia, Tiongkok, Brasil, Spanyol, dan Kanada, dan terus berkembang untuk melibatkan pasar dan komunitas baru.

RGE adalah Induk perusahaan, sementara salah satu perusahaan yang tergabung dalam group tersebut adalah PT RAPP yang beropersasi di Indonesia dengan jumlah karyawan 60.000 orang lebih.

Sukamto Tanoto dikatakan Eny, sangat memberikan perhatian serius terhadap pendidikan dan hal tersebut dibuktikannya dengan mendirikan Tanoto Foundation, yaitu sebuah yayasan pendidikan untuk mendonkrak mutu pendidikan di Indonesia terutama di daerah operasi perusahaan.

“Setiap Tahun Tanoto Foundation rutin memberikan beasiswa kepada mahasiswa S1, S2 dan S3. Sukamto Tanoto berbuat hal tersebut karena beliau sendiri tidak sempat mengenyam pendidikan tinggi. Ia hanya menikmati sekolah hingga kelas dua SMA saja dan sebagai anak sulung, terpaksa harus behenti untuk mendukung ekonomi keluarga kala itu. Makanya beliau ingin pemuda Indonesia dapat menikmati pendidikan lebih baik dari apa yang pernah ia rasakan dulu dan melalui Tanoto Foundation beliau mencoba mewujudkan keinginan tersebut,” ungkap Eny memaparkan latar belakang Sukamto Tanoto.

Usai melakukan Company Tour, pihak menajemen RAPP dipimpin Corporate Communication Head, Djarot Handoko bersama rombongan PWI Riau terlibat dalam obrolan santai.

Pada kesempatan tersebut Djarot mengucapkan terima kasih atas kunjungan pengurus PWI Riau sementara Ketua HPN 2019 PWI Riau, Kadir Bey  juga mengundang secara resmi pihak PT RAPP turut berpartisipasi pada kegiatan yang ditaja PWI sempena HPN 2019 dan HUT PWI ke 73 di Pekanbaru, diantaranya Donor Darah dan  pertandingan Tenis Meja.

Sementara itu, Ketua PWI Riau Zulmansyah Sekedang juga mengundang PT. RAPP hadir pada peringatan Hari Pers Nasional tahun 2019 pada 8 – 9  Februari 2019 di Surabaya Jawa Timur.***