HPN 2019, PWI Riau Luncurkan Tiga Program

BERSAMAAN dengan Malam Resepsi Hari Pers Nasional (HPN) 2019 Tingkat Provinsi Riau di Hotel Grand Central Pekanbaru, Senin (25/3/2019) malam, PWI Riau meluncurkan tiga program sekaligus di 2019. Ketiga program tersebut adalah PWI Riau Mengaji, English Day PWI Riau dan Ngopi (Ngobrol Pintar) PWI Riau.

Gubernur Riau H Syamsuar, Ketua Umum PWI Pusat H Atal Sembiring Depari serta Kepala SKK Migas Sumbagut H Avicenia Darwis didaulat  PWI Riau meluncurkan ketiga program tersebut disaksikan ratusan wartawan anggota PWI Riau. "Ini program yang unik dan menarik dari PWI Riau. Mudah-mudahan membawa manfaat bagi wartawan yang ada di Riau," kata Syamsuar.

Sementara Ketum PWI Pusat Atal S Depari menyebutkan, program-program pendidikan dan pelatihan wartawan harus menjadi program utama di PWI provinsi dan kabupaten/kota di Indonesia. Kalau ada 10 program PWI daerah misalnya, maka program pertama sampai ke sembilan adalah program pendidikan dan pelatihan, yang tujuannya meningkatkan kualitas dan integritas wartawan PWI.

Ketua PWI Riau H Zulmansyah Sekedang menjelaskan, Program PWI Riau Mengaji direncanakan pada hari Rabu atau Jumat, mulai pukul 10.00 pagi sampai masuk waktu zuhur. Sekali setiap pekan. "PWI Riau Mengaji nanti tempatnya di Masjid Fatimah, belakang Kantor PWI Riau. Pengajarnya Ustadz  H Lasri Nijal, Lc MA Alhafiz. Materinya antara lain tahsin Alquran, belajar tajwid, sekaligus juga ada sedikit belajar percakapan bahasa Arab," jelas Zulmansyah.

Kemudian Program English Day PWI Riau adalah kegiatan belajar bahasa Inggris untuk wartawan, terutama belajar percakapan sehari-hari dalam bahasa Inggris. Kegiatan English Day ini diselenggarakan setiap Kamis, pukul 14.00 di Gedung PWI Riau Jalan Arifin Achmad.

"Baik Program PWI Riau Mengaji maupun Program English Day terbuka untuk semua wartawan anggota PWI Riau. Gratis. Bahkan disediakan hadiah menarik bagi wartawan peserta program, yakni studi jurnalistik ke Vietnam," kata Zulmansyah.

Program PWI Riau lainnya yang diluncurkan adalah "Ngopi PWI Riau," yang merupakan singkatan dari Ngobrol Pintar bersama PWI Riau. Program ini ditujukan untuk silaturrahmi, juga mempertemukan mitra dan wartawan PWI untuk membahas informasi yang aktual dan penting diketahui masyarakat. Direncanakan setiap pekan akan ada "Ngopi PWI Riau" bersama mitra. "Jadi dalam program ini, mitra yang akan menjadi newsmaker atau narasumber. Sedangkan wartawan PWI peserta ngopi yang nantinya akan memviralkan informasi-informasi penting dan baik bagi masyarakat Riau," jelas Zulmansyah.

Kepala SKK Migas Sumbagut H Avicenia Darwis mengaku senang bisa bersama-sama wartawan PWI Riau merayakan Peringatan HPN 2019 dan HUT ke-73 PWI Tingkat Provinsi Riau. "Mudah-mudahan program PWI Riau yang diluncurkan malam ini, yang kami yakin bermanfaat banyak bagi wartawan Riau, bisa kami dukung," kata Avicenia.

Ditambahkannya, khusus Program Ngopi PWI Riau, SKK Migas Sumbagut ingin menjadi narasumber yang pertama. Karena SKK Migas Sumbagut banyak berprestasi di 2019 ini dan masyarakat Riau patut mengetahuinya melalui pemberitaan wartawan di PWI Riau.***