Dirut Bank Riau Kepri Dr Irvandi Gustari (tiga kiri) memberi penjelasan kepada Ketua PWI Riau Zulmansyah Sekedang (empat kiri) dan rombongan di Menara Dang Merdu Bank Riau Kepri, Pekanbaru, Selasa (5/9/2017).

Dirut BRK Terima Kunjungan PWI Riau

PEKANBARU  – Direktur Utama Bank Riau Kepri Dr H Irvandi Gustari menyatakan kesiapannya dalam mendukung program Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Riau dalam mencerdaskan insan pers, khususnya dalam meningkatkan kompetensi wartawan. Pernyataan itu disampaikan Irvandi Gustari saat menerima kunjungan silaturahmi PWI Riau, di ruang pertemuan lantai 5 BRK di Gedung Menara Dang Merdu, Selasa (5/9).

"Kami sangat sepakat menjalin kerja sama dengan PWI Riau, salah satunya meningkatkan kompetensi wartawan. Selama ini kami juga sudah sering melakukan kerja sama yang sipatnya hanya kegiatan. Program PWI Riau dalam meningkatkan kompetensi wartawan sangat baik," ujar Irvandi Gustari.

Pertemuan silaturrahmi itu, dihadiri Ketua PWI Provinsi Riau H Zulmansyah Sekedang, Bendahara Oberlin Marbun dan sejumlah pengurus PWI Riau lainnya. Sedangkan dari BRK langsung dihadiri Dirut BRK Dr Irvandi Gustari dan Humas Winovri. Pertemuan berlangsung lancar dan kedua belah pihak saling memberikan dukungan.

Dirut BRK Dr Irvandi Gustari menyambut baik kedatangan rombongan dan program kegiatan PWI Provinsi Riau. Ia menyatakan siap bekerja sama dengan wartawan, karena ini sangat membantu kinerja BRK. Karena itu, tidak ada salahnya sejumlah kegiatan PWI bisa disinergikan dengan BRK.

Irvandi juga memaparkan kondisi perbankan secara nasional saat ini. Ia juga menyampaikan perkembangan Bank Riau Kepri yang cukup membanggakan saat ini. Meski di saat krisis saat ini BRK belum terkena imbasnya. BRK mengelola dana pemerintah dan sekarang nilainya cukup sedikit.

"Ya, memang ada sedikit perubahan. Jika selama ini BRK mengurus dana pemerintah daerah hampir 80 persen, umum 20 persen, namun saat ini dana pemerintah daerah yang kita kelola hanya 20 persen dan umum 80 persen. Karena itulah BRK bekerja keras untuk memajukan bank ini. Jika BRK maju, mitra kerja BRK seperti PWI Riau juga akan maju dan Provinsi Riau pun otomatis akan lebih berkembang dan maju," kata Irvandi.

Irvandi juga mengatakan, pihaknya siap dikritik oleh rekan-rekan wartawan di PWI. "Karena kami juga perlu dikritik biar bisa memperbaikinya. BRK mohon dukungan dan doa agar bisa lebih berkembang ke depannya," kata Irvandi.

Ketua PWI Provinsi Riau H Zulmansyah Sekedang juga menyatakan maksud kedatangan beberapa pengurus PWI Riau. Tujuannya adalah untuk menjalin silaturrahmi sekaligus mensinergikan sejumlah program PWI dengan BRK. Karena program PWI Riau cukup banyak, salah satunya melalui uji kompetensi wartawan (UKW) yang wajib diikuti seluruh anggota PWI Riau.

"Saat ini jumlah anggota PWI Riau mencapai 1.028 orang dan yang sudah mengikuti UKW masih cukup minim. Makanya target kami selama 5 tahun ke depan seluruhnya sudah lulus UKW. Kami berharap dengan adanya program itu, BRK bisa menjadi mitra kerja PWI dalam meningkatkan kompetensi wartawan," ujar Zulmansyah.

Pada kesempatan itu, Zulmansyah juga memperkenalkan beberapa pengurus PWI Provinsi Riau yang baru dilantik oleh Ketua PWI Pusat di Balai Pauh Janggi, Gedung Daerah Riau, Agustus 2017 lalu. Zulmansyah juga berharap kepada BRK dapat membuat pelatihan perbankan bagi awak media massa, sehingga wartawan terutama yang melakukan tugas peliputan jurnalistik tentang perbankan bisa memahami dunia perbankan dan menulis berbagai istilah perbankan dengan baik dan benar.


Berita Kiriman Abu Kasim