Ahad, PWI Riau Potong Sapi Kurban

PEKANBARU  - Melalui program Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Riau berbagi kurban, Ahad besok (3/9) menggelar pemotongan hewan kurban yang dipusatkan di halaman Kantor PWI Riau Jalan Arifin Achmad, Pekanbaru.

Dari tiga ekor sapi dan dua ekor kambing yang akan potong. Satu ekor sapi bantuan Bank Riau Kepri (BRK) sudah diserahkan ke Musala Ubudiyah, RT 03/RW 06 Kelurahan Tanah Datar, Kecamatan Pekanbaru Kota, Kamis (31/8). Sedangkan dua ekor sapi bantuan Partai Demokrat Provinsi Riau dan Gubernur Riau akan dipotong besok.

‘’Kita rencanakan Ahad (3/9) akan melakukan pemotongan hewan kurban bantuan dari Pak Gubri dan Partai Demokrat Riau. Sedangkan satu ekor sapi bantuan BRK sudah kita salurkan ke Musala Ubudyah, Jalan Pangeran Hidayat, Kelurahan Tanah Datar,’’ ujar Ketua PWI Riau H Zulmansyah Sekedang.

Sebelum sapi tersebut diserahkan ke Musalah Ubudiyah, terlebih dahulu dilakukan serahterima antara Bank Riau Kepri dengan Panitia Kurban PWI Riau. Acara serahterima sapi kurban itu langsung disaksikan Ketua RT 03/RW 06 Kelurahan Tanah Datar, Kecamatan Pekanbaru Kota, Syamsir, pengurus Musala Ubudiyah dan tokoh masyarakat setempat.

Acara penyerahan sapi kurban tersebut dihadiri pihak Bank Riau Kepri yang dikoordinir Sudirman didampingi Dendi. Sedangkan dari PWI Riau dihadiri Wakil Sekretaris PWI Riau Jinto Lumban Gaol, Ketua Panitia Kurban Del Fadilah yang saat ini menjabat Ketua Humas dan Publikasi, Zulmiron (anggota Seksi Kehutanan dan Lingkungan Hidup) dan Endrizal (anggota Seksi Ekonomi Bisnis dan Pembangunan).

Kepada panitia kurban, Ketua RT 03/RW 06 Kelurahan Tanah Datar, Syamsir mengucapkan terima kasih kepada pihak Bank Riau Kepri dan PWI Riau yang telah membantu satu ekor sapi kurban untuk warga RT 03/RW 06 Kelurahan Tanah Datar ini.

‘’Mudah-mudahan apa yang diberikan untuk warga kami ini ada manfaatnya. Mudah-mudahan semua ini mendapat limpahan pahala lebih besar dari Allah SWT. Saya sangat berterima kasih sekali, karena kurban pada tahun ini cukup merosot dari tahun yang lalu. Di mana biasanya kami ada 5 ekor dan sekarang 2 ekor saja. Alhamdulillah, Allah SWT menunjukkan kepada kami, di mana kami mengucapkan terima kasih kepada Bank Riau Kepri telah membantu satu ekor sapi lewat Program PWI Berbagi Kurban,’’ ujarnya.

Syamsir menyebutkan, daging-daging kurban ini nantinya akan dibagikan untuk 250 kepala keluarga. Karena ada tambahan satu ekor sapi lagi, Alhamdulillah mencukupi untuk warga RT 03. Pada Hari Raya Idul Adha 1437 Hijriyah lalu, jumlah hewan kurban yang disembelih sebanyak 4 ekor. Saat itu panitia menyiapkan 300 kantong plastik. Karena jumlah warga ada 250 KK, maka sisanya dibagikan untuk panitia kurban.

Untuk kurban tahun ini, pembagian daging ke warga menggunakan kupon besar dan kupon kecil. Untuk warga kita bagian kupon kecil sebanyak 8 ons satu kantong. Sedangkan hewan kurban yang akan disembelih yakni 2 ekor sapi dan 1 ekor kambing ditambah 1 ekor sapi lagi bantuan Bank Riau Kepri. Maka jumlah sapi 3 ekor dan kambing 1 ekor,’’ ujarnya.***

 

Kiriman Abu Kasim, Seksi Kerjasama Antar Lembaga